Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Morning Sedulur,

Apa kabar? Semoga tetap semangat menyambut bulan baru November, ya! Sehat dan bahagia selalu, aamiin. Semoga makin semangat ya aku memperbarui blog Semarang Coret ini dengan berbagai artikel seru seputar Kabupaten Semarang. Semangat!

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang
Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang (Foto: Ahmad Sholeh)

Beberapa waktu lalu, aku berkunjung ke toko oleh-oleh Moaci Gemini di Semarang. Ini pertama kalinya aku main ke tokonya. Biasanya, aku membeli kue moaci untuk oleh-oleh tuh di toko oleh-oleh Elrina di Jalan Pandanaran atau di Jalan Pamularsih. 

Baca Juga: Sauh Kulo Ungaran

Oh iya, toko Moaci Gemini yang resmi di Semarang ada empat ya, Pejalan. Ada di Jalan Kartini, Jalan Madukoro Raya, terus ada juga di Istana Buah Cabang Pandanaran dan Istana Buah Cabang Sultan Agung.

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang
Toko Moaci Gemini di Kartini Raya (Foto: Bayu Rizky)

Saat itu, aku berkunjung ke toko pusatnya di Jalan RA. Kartini No. 19 Karangturi Semarang. Aku dan sahabatku mencari oleh-oleh untuk sahabat kami yang datang dari Banjarmasin. Alhamdulillah, nggak perlu jauh-jauh ya kami mampir di toko oleh-oleh Moaci Gemini.

Moaci atau mochi adalah kue yang terbuat dari tepung ketan dan ditaburi tepung tapioka ini berisi kacang tanah cincang dan rasanya manis serta teksturnya kenyal. Konon, kue moaci ini asalnya dari Jepang. Tapi, ada juga yang bilang dari Cina. 

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Saat mudik ke Bogor, aku suka membeli kue moaci dari Sukabumi yang wadahnya berupa kotak bambu kecil. Kue moacinya berbentuk bulat-bulat kecil dengan aneka isian. Nah, kalau moaci Semarang bentuknya berbeda dengan yang dibuat di Sukabumi. Moaci di Semarang bentuknya juga bulat-bulat tapi ukurannya lebih besar. Yang berbeda juga, moaci Semarang berbalut wijen hingga rasanya lebih gurih. 

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang



Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Toko pusat Moaci Gemini ukurannya tidak terlalu besar tapi lokasinya strategis di tengah Kota Semarang. Toko ini tak hanya menjual kue moaci ya. Aneka makanan, minuman dan camilan khas Jawa Tengah tersedia di sini. Sebut saja tahu baxo Ibu Pudji dari Ungaran, Tengteng Gepuk Kelenteng Salatiga, dan banyak lagi lainnya. Jadi, nggak usah pindah-pindah toko lagi kalau mau cari oleh-oleh khas Semarang, ya.

Oh iya, Moaci Gemini Semarang ini adalah kue legendaris lho di Semarang. Berdiri sejak tahun 1985 berarti sudah 38 tahun! Wow. Ceritanya, seorang perempuan keturunan Tionghoa tinggal di Pecinan, Kota Lama. Namanya Sri Harsini (Tjia Sien Nio). Ia suka membuat kue moaci kue khas kultur Cina Peranakan untuk dititipkan ke toko-toko roti sekitar Pecinan. Ternyata, kuenya banyak yang suka. Belum lagi, tetangganya suka memesan moaci untuk dimakan atau untuk oleh-oleh jika keluar kota.

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Akhirnya, ia membuka toko kue kecil dan hingga kini berkembang pesat dan diteruskan oleh keturunannya, Pak dr. Hartanto. Moaci Gemini terus bertahan dengan keuletan pewarisnya dan juga mempertahankan resep turun-temurun.

Baca Juga: Sai Ramen Kota Lama Semarang

Pada tahun 80-an, tokonya pindah ke Jalan Kartini Raya dan berkembang pesat hingga membuka beberapa cabang. Tak hanya itu, moaci Gemini juga mengurus sertifikat halal MUI tahun 2018 yang membuat pelanggan makin susah berpindah ke lain moaci, hehe.

Oh iya, tadinya, kue moacinya berbentuk lonjong dan hanya berlapis bubuk tepung. Tapi, pelanggan ada yang kurang suka karena bubuk tepungnya menempel dan mengotori bibir. Ia pun berinovasi membuat kue moaci dilapisi wijen yang ternyata disukai pelanggan. Rasa kue jadi lebih gurih, juga menghangatkan badan saat disantap. 

Kini, kue moaci Gemini memiliki dua varian topping, bubuk tepung dan wijen. Rasa moacinya memang mantap. Gurih karena topping wijen juga kenyal dan manis ketika dikunyah apalagi dengan variasi isinya yang enak membuat Gemini makin banyak penggemarnya.

Berburu Moaci Gemini Legendaris di Semarang

Isian moaci Gemini pun makin beragam mengikuti selera pelanggannya. Mulai dari isian original berupa kacang tanah, ada juga durian, strawberry, kacang hijau, green tea, cokelat, jeruk, dan pandan. Harga sekotak moaci isi 10 Rp40.000. Sedangkan kotak yang lebih besar isi 16 buah moaci harganya Rp60.000. Ada juga isi 25 buah moaci. Moaci enak ini dikemas dalam kotak kardus berwarna merah yang cantik. Cocok sekali jadi buah tangan untuk keluarga. Kini, Moaci Gemini menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang banyak dicari wisatawan. 

Toko Oleh-Oleh Moaci Gemini Semarang

Jl. RA. Kartini No.19, Karangturi, Kota Semarang

Buka: Setiap Hari Pukul 07.00-21.00 WIB

Telepon: 0822-9229-6321

 





Posting Komentar

13 Komentar

  1. yummyyy kenyal chewy manis gitu ya mbaaa rasanyaaa
    aaku sukaaaa jajanan ini
    mupeng ke semaraaanggg mbaaa

    BalasHapus
  2. Malam2 baca ini jadi lapar wkwkw. Moaci Semarang mantap ya Mbak. Lebih gedeee. Makan satu aja kenyang ya? Jadi penasaran nih pengen coba.

    BalasHapus
  3. Suka cemilan legendaris macam Moaci gini. Walau Gemini, ya gapapalah yang penting halal dan uenak, cocok buat oleh oleh kan. Banyak yang suka pasti

    BalasHapus
  4. kalau sudah kategori legendaris sudah dipastikan enak dan jadi favorit banget. Sepertinya banyak juga oleh oleh lain yang bisa dibeli ditempat ini. Enak juga nih, pengen cobain kalo ke semarang

    BalasHapus
  5. Aku tuh ga pernah beli langsung, tapiiii anak buahku ada yg orang Semarang mba. Tiap mudik, pasti oleh2 nya moci gemini iniii 😍😍😍👍. Suka siiih. Cuma aku baru tau ada rasa lain. Selama ini selalu dibeliin yg kacang hahahaha. Ntr kalo aku ke Semarang cari rasa lainnya Deh. Kayaknya enak juga

    BalasHapus
  6. Ah ini mah salah satu oleh-oleh wajib aku dari Semarang. Bukan cuma lumpia & bandeng, moci Gemini jg endolita hehe. Sekarang makin banyak variannya ya kak

    BalasHapus
  7. Yeaaay~
    Aku pas ke Semarang kemarin juga ke sini, Moaci Gemini. Karena rekomendasi banyak warga Semarang. Pinginnya waktu itu makan Soto Bangkong atau garang asem, tapi sayangnya karena sedang tanggal merah, ga buka euuii~
    Cari yang buka dan Moaci Gemini ini ramaaaiii..

    BalasHapus
  8. Ahhh MOACI GEMINI... 🤩🤩 ini jajanan oleh2 wajib yg selalu aku bawa kalau pulang ke rumah 😊.

    Duh sangking semangatnya sampe lupa perkanalan. Halo Mba. Salam kenal. Aku Bayu.. hehe 🤗

    Moaci enak banget yaa.. cuma aku sndiri nyebutnya Mochi karena yaa teksturnya sama kaya Mochi 😅 dulu sewaktu tinggal di Semarang selama 3 Tahun. MOCHI semarang ini yg selalu jadi Oleh2. Sama Bandeng Juanda juga.. cuma skrang udh pindah Kota jadi makannya nggak sesering dulu 😊 tapi iya. Mochi gemini ini yg paling enak menurutku..

    BalasHapus
  9. Moaci Gemini huahhh, bikin rindu deh. Kalau ke Semarang, jadi salah satu makanan yang pasti akan aku bawa pulang buat oleh-oleh. Legend, halal dan enakkk poll, suka banget sama perpaduan rasanya itu lho, khas.

    BalasHapus
  10. Apa pemiliknya berzodiak Gemini ya sehingga dinamakan Moaci Gemini, hehe. Ternyata tokonya ini udah lama berdiri di Semarang ya, pantas jadi toko mochi legendaris. Kalau ke Semarang wajib ke sini deh buat cobain Mochi Gemini ini

    BalasHapus
  11. Kue moaci kesukaan suamiku nih, gara-gara pernah dapat oleh-oleh dari teman yg pulang wisata di Semarang.

    BalasHapus
  12. Wahs aya suka banget dengan moci kak, entah kenapa kayaknya di lidahku itu rasanya enak aja mau rasa apa mau buatan mana aja, wah kayaknya nanti kalau ke Semarang lagi wajib banget untuk beli ini

    BalasHapus
  13. wah ini oleh oleh wajib dari Semarang untuk dibawa ke Jakarta :D

    BalasHapus