Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan

Morning Sedulur,

Siapa yang rutin berolahraga? Apa olahraga yang Sedulur lakukan? Jangan kasih kendor ya, Sedulur. Olahraga yangi dilakukan secara rutin banyak manfaatnya diantaranya peredaran darah lancar, mengurangi stres dan menghasilkan hormon endorfin sehingga kita lebih bahagia dan sehat. 

Baca Juga: Aktif Bergerak agar Sehat Kini dan Nanti nanti 

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan
Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan

Kali ini, aku ingin berbagi cerita tentang acara Halal bil Halal dan peringatan Hari Kartini yang diadakan oleh Sasana STI Sidomulyo Ungaran pada hari Minggu, 21 April 2024 lalu.

Sedulur mungkin belum familiar ya dengan perkumpulan atau sasana Senam Tera Indonesia ini. Senam Tera Indonesia adalah olahraga pernafasan yang dipadu dengan gerak yang mudah diikuti sehingga disukai para lansia. 

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan
Senam tera bersama 

Senam tera ini pertama kali diperkenalkan oleh Bapak Bambang Utomo. Saat jalan pagi bersama teman-temannya, ia diminta untuk mengajari mereka gerakan olahraga yang meningkatkan tenaga dan stamina. 

Antusiasme teman-teman pada senam unik yang diperkenalkan beliau meningkat hingga ia pun mengajar senam di lapangan Monas. Pak Bambang dan rekan-rekannya berangkat ke Hongkong untuk mempelajari tenaga dalam di Hongkong. Sepulangnya dari Hongkong, ia pun mengajari gerakan taichi pada murid-muridnya.

Pada 12 November 1985 berdirilah komunitas Thai Ci Qi Kung yang menjadi cikal bakal Senam Tera Indonesia yang memiliki 25 jurus senam persendian. 

Awalnya, senam ini banyak diikuti oleh orang dewasa dan lansia namun seiring waktu kalangan segala usia pun mengikuti senam yang banyak manfaatnya ini. 

Baca Juga: Pentingnya edukasi tentang kesehatan menstruasi 

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan
Salaman dan bermaaf-maafan 

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ni Made Parwati dkk dari Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana di Denpasar Bali. 

Menurut laporan hasil penelitian Ni Made Parwati setelah meneliti para penghuni Panti Werdha Wana Seraya di Denpasar, ternyata senam tera yang dilakukan secara rutin berhasil meningkatkan kebugaran jantung dan paru para penghuni yang berusia diatas 60 tahun ini.

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan

Peningkatan kebugaran jantung dan paru ternyata bisa didapatkan dari peningkatan gerakan aerobik maksimal melalui latihan fisik secara benar dan teratur yaitu rutin mengikuti kegiatan senam tera Indonesia.

Baca Juga: Pentingnya Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sasana STI Sidomulyo Ungaran Timur berdiri pada bulan Januari 2023. Sebelumnya, sudah ada kegiatan senam yang dilakukan di lingkup RT 02 dengan pendirinya Ibu Timbul. Seiring berkembangnya minat para warga Kelurahan Sidomulyo untuk aktif mengikuti senam akhirnya pada Bulan Januari berdirilah Sasana STI Sidomulyo Ungaran. Susunan pengurus pun dibentuk dengan ketua Ibu Retnowati dan wakilnya Ibu Sri Utami.

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan
Foto bersama Pak Lurah dan pengurus STI Sidomulyo Ungaran 

Tujuan Sasana STI Sidomulyo ini dibentuk untuk mengajak para warga Sidomulyo menyadari pentingnya kesehatan. Kesehatan adalah kekayaan yang tak tergantikan dan mahal harganya. Berbekal tubuh yang sehat kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan gembira dan nyaman.

Pesertanya kini tak hanya warga RT 02 saja tapi lingkup yang lebih luas yaitu warga Kelurahan Sidomulyo dan sekitarnya. Kegiatan senam tera Sasana STI Sidomulyo dilaksanakan di lapangan SMPN 2 Ungaran setiap hari Minggu pukul 06.00 WIB. Jumlah anggota sasana ini sekarang mencapai 75 orang. 

Saya baru mengikuti kegiatan senam ini beberapa kali dan terkesan dengan semangat dan antusiasme para anggota untuk berolahraga agar sehat. Lewat kegiatan ini, anggota tak hanya berolahraga tapi juga menambah teman baru dan meningkatkan silaturahmi sesama anggota.

Halal Bil Halal Sasana STI Sidomulyo Ungaran yang Penuh Keceriaan
Bersama Ketua STI Sidomulyo Bu Retnowati

Nah, pada kesempatan setelah hari raya lebaran, pengurus STI Sidomulyo mengadakan acara halal bil halal sekaligus merayakan hari Kartini. Acara diadakan pada hari Minggu 21 April 2024 di lapangan SMPN 2 Ungaran. Agar meriah, para peserta mengenakan kebaya berwarna-warni yang ceria.

Acara ini dihadiri oleh Pak Lurah Sidomulyo beserta istri yang juga ikut senam tera dengan gembira. Setelah senam, dilanjutkan dengan acara salaman dan bermaaf-maafan. Suasananya dipenuhi kegembiraan dan gelak tawa.

Setelah foto bersama, acara lalu dilanjutkan dengan makan soto ayam bersama di aula SMP Negeri 2 Ungaran. Bahagia banget ya setelah berlelah-lelah senam, langsung makan soto enak beserta lauk pauknya seperti perkedel dan tempe goreng. Alhamdulillah, acara halal bil halal STI Sidomulyo Ungaran berlangsung guyub.  Semoga sasana STI Sidomulyo makin banyak anggotanya dan makin  semangat berolahraga! 

 

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Trimakasih. Semoga tulisan ini .menambah wawasan.pem aca akan pentingnya hidup sehat dg bersenam Tera.

    BalasHapus
  2. tiangaran22@gmail.com25 April 2024 pukul 18.28

    Trimakasih tulisan ini sangat informatif .semoga warga STI Sasana Sidomulyo lebih termotivasi dan sehat selalu.trimakasih mbak Dewi 😍

    BalasHapus
  3. Aku suka banget sama olahraga lari, yoga dan badminton, mba. Nah, yang rutin banget aku lakuin tiap minggu, olahraga lari dan memang betul sangat bagus buat kesehatan.
    Seru yaa merayakan hari Kartini dengan senam bareng Sasana STI Sidomulyo Ungaran setelah senam makan soto 🤩 auto makin happy dong 😍
    Kebayang sihhh, aku yang baca artikelnya pun merasa happy.

    BalasHapus
  4. Wahh bahagianya Mbak Dedew bisa aktif di senam tera. Memang olahraga perlu dilakukan di segala usia yaa biar sehat. Kalau mama saya ikut senam jantung sehat :).

    BalasHapus
  5. senam tera itu berarti yang gerakannya lambat semacam menggunakan gerakan tenaga dalam itu ya mbaa...
    anggotanya banyak sekali sti sidomulyo pasti jadi makin seru saling memberi semangat setiap anggotanya,,

    BalasHapus
  6. Naah aku sukaaa kegiatan positif begini ❤️. Apalagi sejak rutin workout, jadi sadar bangettttt mba, olahraga itu ngaruh sekali ke badan. Awal2 mulai, duuuh ngos2an. Kliatan banget ga pernah terlatih badannya. Tapi aku usahain trus, jadi rutin sampe ga bisa skip

    Syukurnya stamina udh LBH kuat. Napas ga mudah ngos2an.

    Krn aku sendiri maunya pas tua ttp aktif gerak, ttp aktif traveling. Jadi ga pengen aja badan renta menghalangi. Aku pas traveling ke Korut, itu ada 2 peserta ibu2 usia 70 THN. Tp msh energik dan sehat, juga kliatan muda dr usia. Pengen bgt bisa seperti mereka. Rahasianya ya Krn mereka rajin olahraga.

    BalasHapus
  7. Ini bagus sekali program halal bihalalnya, karena ada olahraganyw,a Jadi selain melepas rindu bersilaturahmi bisa juga mengolah tubuh supaya sama-sama menjadi sehat dan pastinya menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan

    BalasHapus
  8. Positif banget sih ini. Harusnya senam tera juga bisa mulai dipopulerkan ke kalangan muda juga.

    Soal yaa.. Sekarang tuh gaya anak muda banyak yang ga sehat juga. Jadi mesti diimbangi dengan kegoatan positif yang bisa menjaga kesehatan masa depan.

    BalasHapus
  9. So Happyyy..
    Abis olahraga, kumpul-kumpul dan foto bareng.
    Lalu lanjut makan. Menunya memang pas banget kalo soto ayam yaa.. Hangat, berkuah dengan nutrisi sehat yang lengkap!
    **asal jangan ada tambahan jeroan aja, hihihi.. makin nikmat.

    BalasHapus
  10. oma opa di komplekku juga pada giat senam tera ini, alhamdulillah para lansia jadi bugar dan beraktivitas positif... sampai ada lombanya juga nih per RT, keren yaaakkk...so happy lihatnya

    BalasHapus