Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Morning Sedulur,

Beberapa waktu lalu, aku main ke pusat oleh-oleh Bandeng Djuwana di Pamularsih, Semarang. Pas lewat, aku melihat plang Tahu Petis Yudhistira di seberangnya. Langsung deh mampir ke sana.

“Ke mana saja aku baru tahu ada outlet Tahu Petis Yudhistira di Pamularsih?”

Satu-satunya outlet Tahu Petis Yudhistira di Semarang yang aku ketahui adalah di Jalan Imam Bonjol No 21, Pendrikan Kidul. Apakah ini outlet barunya?

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang



Ya, ternyata outlet ini adalah toko cabang terbaru tahu Petis Yudhistira Semarang. Masih satu area dengan lapangan olahraga Udinus Sport Centre. Menempati sebuah bangunan kecil yang ditata cantik. Ternyata, toko oleh-oleh ini jadi satu dengan kedai kopi ya, Sedulur. 

Menurut pemiliknya, Wieke Anggraini pembukaan toko kedua ini untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan akan produk tahu Petis Yudhistira yang kerap menjadi pilihan oleh-oleh khas Semarang. Di outlet baru, pelanggan bisa berbelanja lebih nyaman dengan toko yang strategis lokasinya dan lahan parkir lebih luas. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Kalian tahu kan apa itu tahu petis? Tahu petis adalah tahu pong yang digoreng dan diisi dengan bumbu petis yang berbahan dasar udang. Bumbu petis ini berwarna kehitaman. Untuk yang baru pertama kali coba, mungkin heran kok bumbunya berwarna hitam? 

Tahu petis ini berasal dari Jawa Timur. Tapi, rasa tahu petis Jawa Timur dan tahu petis racikan Wieke dinilai berbeda. Petis Jatim terbilang asin dan tajam, sedangkan tahu petis Yudhistira lebih manis dan gurih menyesuaikan selera masyarakat Semarang.

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Bisnis tahu petis yang ditekuni Wieke juga berasal dari kesukaannya jajan gorengan saat mudik ke Semarang. Ia penasaran bagaimana cara membuat tahu petis yang nikmat ini? Berkali-kali ia melakukan trial and error hingga akhirnya saat menyajikan tahu petis di arisan keluarga, semuanya suka. 

Akhirnya, ia menetap di Semarang dan membuka usaha tahu petis ini di garasi rumah tahun 2016. Ia juga kerap ikut pameran produk UMKM dan aktif di media sosial Instagram untuk memperkenalkan produknya. 

Ia tak menyangka, impiannya agar jajanan kaki lima seperti tahu petis bisa naik kelas menjadi oleh-oleh khas Semarang terwujud. Kini, tahu petis Yudhistira memiliki 10 toko, dua di Semarang dan delapan lainnya di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Keren, ya! 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Resep racikan bumbu yang sama ia pakai hingga saat ini. 
Sedulur bisa memilih membeli aneka produk Yudhistira dalam bentuk frozen atau beku atau yang sudah digoreng. Selain tahu petis frozen, ada juga tahu walik, lumpia, tahu baxo dan beberapa produk lain dalam kemasan vacuum frozen yang tahan 2-6 hari di suhu ruangan. 

Selain itu, kalian bisa membeli bumbu petis Yudhistira dalam kemasan travel pouch 250 gram dan botol kaca berukuran 350 gram. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Kalau mengubek-ubek lemari esnya, rasanya kalap mau beli semua untuk dibawa pulang, hehe. 
Kini, Mereka pun tak hanya menyediakan tahu petis matang dan bumbu tahu petis alias petis udang dalam kemasan tapi juga menjual tahu baxo daging kakap dan lunpia. 

Selain tahu petis dan tahu walik frozen, aku juga membeli tahu petis yang sudah digoreng. Harga tahu petis per buah sekitar Rp4000. Sedangkan tahu kakap, tahu berisi daging kakap sekitar Rp3500 per buah ya. 

Aku suka deh tahu petisnya walaupun untukku ukuran tahu Yudhistira terlalu besar hingga isian bumbu petisnya jadi banyak. Favoritku adalah tahu baxo ikan kakap karena aku tak bisa makan daging sapi. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Selain itu, kedai Tahu Petis Yudhistira Semarang juga menyediakan berbagai produk oleh-oleh camilan khas Semarang yang cukup komplet seperti kerupuk rambak dan stik keju. 

Setelah berbelanja, kalian bisa nongkrong di kedai mungil dan tertata untuk ngopi-ngopi cantik atau menikmati es krim bersama pasangan atau sahabat.

Tahu Petis YUDHISTIRA 
Pamularsih Raya No 42, Pamularsih, 
Semarang Barat.
Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00-20.00 WIB 
WA : 0811-1000-2155 
FB : Tahu Petis Yudhistira 
Twitter: @juraganpetis 
IG : tahupetisyudhistira 



Posting Komentar

26 Komentar

  1. Pas banget, aku tuh cari alamat tahu petis yudistira buat nanti tgl.23 oleh2 ke ponorogo, soalnya bumer pamer gak suka makanan yang modern, kaya donut, pizza, bika ambon, sukanya yang tradisional dan asin, kaya tahu petis, tahu bakso dan lumpia, nanti kubeli tgl.22nya ah, makasih infonya ya mbak dew 😊

    BalasHapus
  2. Ok noted, kayaknya bakal jadi tempat rwferensi nih kalau mau ke Semarang, share tempat makan lain yang enak donk say..

    BalasHapus
  3. Wah ini yang bikin pengin ke Semarang. Saya penggemar tahu petis...

    BalasHapus
  4. Wah saya belum pernah ke semarang mba. Jado pengen juga ngerasain masakan khas sana. Jadi penasaran 😃

    BalasHapus
  5. Ya Allah kak Tahu petis ini enakkk bangettttttt ga cukup 3 biji makan ini 😂😂

    BalasHapus
  6. Ya ampuun tahu petisnya menggugah selera banget...
    Apalagi aku memang suka olahan tahu
    Pas deh buat buka puasa

    BalasHapus
  7. Lumpianya semarang itu uenaaak, ada petis yg bisa dibawa oleh2 ya, asik bisa buat di bawa ke rumah klo mudik ke semarang lagi

    BalasHapus
  8. Aku suka tahu petis! Duku sering jajan di Sunmor UGM hihi

    BalasHapus
  9. Aku doong, belum pernah nyobain Tahu Petis yang iniii. Pan kapan ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah sih nyobain tahu petis, biasanya ada tahu biasa yg dalem diisi sayuran. Mau nyobain nih jadinya

    BalasHapus
  11. tahu petis ini mah kesukannya mamaku bangeeettt haha. kalo aku lebih suka stik keju. aku tipikal yang seneng banget masuk ke tempat oleh-oleh karena jadi tahu banyak jajanan khas daerah tersebut terus ujungnya kalap beli pengen coba2 haha

    BalasHapus
  12. wah iya nih, oleh oleh klangenan semarang. belum tentu setahun sekali bisa makan. tapi sering bikin kangen

    BalasHapus
  13. Wah tahu petis makanan favoritku nih. Buka puasa rasanya ada yang kurang kalau nggak ada tahu petis.
    Sekarang tahu petis Yudistira sudah buka cabang di jl Pamularsih ya.

    BalasHapus
  14. Petisnya melimpah ya mbak kayanya mbleber gitu. Meskipun aku ga begitu suka petis tapi tahu petis yudhistira ni enak sih menurutki. Apalagi sekarang ada tempat dine in dan bisa beli ftozenya juga buat oleh2.. bakalan makin rame deh

    BalasHapus
  15. Tokonya Rapi yaa, nanti mampir ah kalau ke Semarang, anw itu fotonya PERFECT. Bravo.

    BalasHapus
  16. Yummyyyy kliatan ini petisnya berkualitas dan otentik bangettt

    super duper looveee ku mbaaa.
    mauuuu coba ahh pankapan

    BalasHapus
  17. Wahh ternyata petis di Jateng beda ama di Jatim ya dan menyesuaikan dengan selera masyarakat sana. Yang penting enak lah. Tapi saya prefer beli lunpia dan tahu baxo hehehehe.

    Kalo ke Semarang sekalian pengen makan nasi koyor.

    BalasHapus
  18. waaaahhh ini bisa jadi salah satu alternatif beli oleh2 di semarang ya mba..selama ini taunya tahu baxo sama bandeng presto saja apalagi banyak produk frozen nya juga..next klo ke semarang mo cabain tahu petis yudhistira deh ;)

    BalasHapus
  19. Setiap kali ke Semarang pasti aku akan beli oleh-oleh berupa tahu petis, karena memang sangat enak dan khas banget.
    Duh jadi pengen cobain Tahu Petis Yudhistira di Semarang. Semoga saja tahun ini bisa berkunjung ke Semarang serta nongkrong di cafe mungil buat makan es krim 🥰

    BalasHapus
  20. Tahu petis ini bukan untuk semua orang ya, sama kayak duren. Ada yang sukaaaa banget, ada juga yang ga suka pake banget.

    Aku masuk golongan kedua, ehehehe. Mungkin bagi pecinta petis, ini bakal jadi kuliner yang susah diajak stop pas makannya ga sih

    BalasHapus
  21. Ya ampuuuun aku kangen makan petis mbaaaa 😍😍. Dulu zaman kerja, ada anak buahku orang Semarang. JD tiap mudik dia pasti bawa oleh2 petis. Trus dibawa ke kantor. ENAAAAK. Sejak itu jadi suka tahu petis.

    Yg Jawa Timur punya aku juga doyan. Biasanya kayak rujak cingur kan pake petis juga yaa. 2-2 nya enak sih 👍

    BalasHapus
  22. penasaran buat beli dan aku kasih ke orang rumahku, selama ini yang orang rumah cobain adalah memang petis jatim atau minimal Madura, karena katanya petis madura lebih enak.

    aku sendiri kurang suka petis,karena kalau makan petis perutku kayak jadi panas, memang agak aneh, jadi kalaupun mau makan petis yang dicampur sama rujak misalnya, pasti menikmati rujaknya cuman satu atau dua sendok aja

    BalasHapus
  23. Duh sumpah ngiler liat tahu petisnya, kayanya dah lama bgt aku gak makan tahu petis karena yy di kalimantan gak seenak yg di jawa tahunya

    BalasHapus
  24. Enak banget tempatnya karena selain bisa membeli tahu petis ada juga aneka macam oleh-oleh yang bisa kita dapatkan di sana. Setuju Kalau tahu betis di Surabaya itu agak terlalu strong rasanya mungkin nyobain yang ini bakal cocok deh

    BalasHapus
  25. Wah saya malah baru tahu tentang tahu petis ini dan tentunya belum pernah coba juga. Jadi penasaran dan pengen icip Tahu Petis Yudhistira Semarang. Penampakannya kelihatan menggoda euy. Banyak produk cemilan lain juga ya. Kalau ke sana bisa kalap nih, hehe

    BalasHapus
  26. Cocok untuk oleh-oleh juga berarti ini ya Kak :D soalnya banyak nggak cuma ada tahu petis.

    Uhmm, kalau rasa ternyata bisa beda ya, kalau versi Jatim lbh ke asin tajam sementara SMG manis, sbg orang Jateng kynya aku lbh cocok yg versi manis, tp who knows jg soalnya aku blm pernah cobaa hihi

    BalasHapus