Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Morning Sedulur,

Beberapa waktu lalu, aku main ke pusat oleh-oleh Bandeng Djuwana di Pamularsih, Semarang. Pas lewat, aku melihat plang Tahu Petis Yudhistira di seberangnya. Langsung deh mampir ke sana.

“Ke mana saja aku baru tahu ada outlet Tahu Petis Yudhistira di Pamularsih?”

Satu-satunya outlet Tahu Petis Yudhistira di Semarang yang aku ketahui adalah di Jalan Imam Bonjol No 21, Pendrikan Kidul. Apakah ini outlet barunya?

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang



Ya, ternyata outlet ini adalah toko cabang terbaru tahu Petis Yudhistira Semarang. Masih satu area dengan lapangan olahraga Udinus Sport Centre. Menempati sebuah bangunan kecil yang ditata cantik. Ternyata, toko oleh-oleh ini jadi satu dengan kedai kopi ya, Sedulur. 

Menurut pemiliknya, Wieke Anggraini pembukaan toko kedua ini untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan akan produk tahu Petis Yudhistira yang kerap menjadi pilihan oleh-oleh khas Semarang. Di outlet baru, pelanggan bisa berbelanja lebih nyaman dengan toko yang strategis lokasinya dan lahan parkir lebih luas. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Kalian tahu kan apa itu tahu petis? Tahu petis adalah tahu pong yang digoreng dan diisi dengan bumbu petis yang berbahan dasar udang. Bumbu petis ini berwarna kehitaman. Untuk yang baru pertama kali coba, mungkin heran kok bumbunya berwarna hitam? 

Tahu petis ini berasal dari Jawa Timur. Tapi, rasa tahu petis Jawa Timur dan tahu petis racikan Wieke dinilai berbeda. Petis Jatim terbilang asin dan tajam, sedangkan tahu petis Yudhistira lebih manis dan gurih menyesuaikan selera masyarakat Semarang.

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Bisnis tahu petis yang ditekuni Wieke juga berasal dari kesukaannya jajan gorengan saat mudik ke Semarang. Ia penasaran bagaimana cara membuat tahu petis yang nikmat ini? Berkali-kali ia melakukan trial and error hingga akhirnya saat menyajikan tahu petis di arisan keluarga, semuanya suka. 

Akhirnya, ia menetap di Semarang dan membuka usaha tahu petis ini di garasi rumah tahun 2016. Ia juga kerap ikut pameran produk UMKM dan aktif di media sosial Instagram untuk memperkenalkan produknya. 

Ia tak menyangka, impiannya agar jajanan kaki lima seperti tahu petis bisa naik kelas menjadi oleh-oleh khas Semarang terwujud. Kini, tahu petis Yudhistira memiliki 10 toko, dua di Semarang dan delapan lainnya di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Keren, ya! 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Resep racikan bumbu yang sama ia pakai hingga saat ini. 
Sedulur bisa memilih membeli aneka produk Yudhistira dalam bentuk frozen atau beku atau yang sudah digoreng. Selain tahu petis frozen, ada juga tahu walik, lumpia, tahu baxo dan beberapa produk lain dalam kemasan vacuum frozen yang tahan 2-6 hari di suhu ruangan. 

Selain itu, kalian bisa membeli bumbu petis Yudhistira dalam kemasan travel pouch 250 gram dan botol kaca berukuran 350 gram. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Kalau mengubek-ubek lemari esnya, rasanya kalap mau beli semua untuk dibawa pulang, hehe. 
Kini, Mereka pun tak hanya menyediakan tahu petis matang dan bumbu tahu petis alias petis udang dalam kemasan tapi juga menjual tahu baxo daging kakap dan lunpia. 

Selain tahu petis dan tahu walik frozen, aku juga membeli tahu petis yang sudah digoreng. Harga tahu petis per buah sekitar Rp4000. Sedangkan tahu kakap, tahu berisi daging kakap sekitar Rp3500 per buah ya. 

Aku suka deh tahu petisnya walaupun untukku ukuran tahu Yudhistira terlalu besar hingga isian bumbu petisnya jadi banyak. Favoritku adalah tahu baxo ikan kakap karena aku tak bisa makan daging sapi. 

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Menikmati Tahu Petis Yudhistira di Toko Pamularsih Semarang

Selain itu, kedai Tahu Petis Yudhistira Semarang juga menyediakan berbagai produk oleh-oleh camilan khas Semarang yang cukup komplet seperti kerupuk rambak dan stik keju. 

Setelah berbelanja, kalian bisa nongkrong di kedai mungil dan tertata untuk ngopi-ngopi cantik atau menikmati es krim bersama pasangan atau sahabat.

Tahu Petis YUDHISTIRA 
Pamularsih Raya No 42, Pamularsih, 
Semarang Barat.
Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00-20.00 WIB 
WA : 0811-1000-2155 
FB : Tahu Petis Yudhistira 
Twitter: @juraganpetis 
IG : tahupetisyudhistira 



Posting Komentar

13 Komentar

  1. Pas banget, aku tuh cari alamat tahu petis yudistira buat nanti tgl.23 oleh2 ke ponorogo, soalnya bumer pamer gak suka makanan yang modern, kaya donut, pizza, bika ambon, sukanya yang tradisional dan asin, kaya tahu petis, tahu bakso dan lumpia, nanti kubeli tgl.22nya ah, makasih infonya ya mbak dew 😊

    BalasHapus
  2. Ok noted, kayaknya bakal jadi tempat rwferensi nih kalau mau ke Semarang, share tempat makan lain yang enak donk say..

    BalasHapus
  3. Wah ini yang bikin pengin ke Semarang. Saya penggemar tahu petis...

    BalasHapus
  4. Wah saya belum pernah ke semarang mba. Jado pengen juga ngerasain masakan khas sana. Jadi penasaran 😃

    BalasHapus
  5. Ya Allah kak Tahu petis ini enakkk bangettttttt ga cukup 3 biji makan ini 😂😂

    BalasHapus
  6. Ya ampuun tahu petisnya menggugah selera banget...
    Apalagi aku memang suka olahan tahu
    Pas deh buat buka puasa

    BalasHapus
  7. Lumpianya semarang itu uenaaak, ada petis yg bisa dibawa oleh2 ya, asik bisa buat di bawa ke rumah klo mudik ke semarang lagi

    BalasHapus
  8. Aku suka tahu petis! Duku sering jajan di Sunmor UGM hihi

    BalasHapus
  9. Aku doong, belum pernah nyobain Tahu Petis yang iniii. Pan kapan ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah sih nyobain tahu petis, biasanya ada tahu biasa yg dalem diisi sayuran. Mau nyobain nih jadinya

    BalasHapus
  11. tahu petis ini mah kesukannya mamaku bangeeettt haha. kalo aku lebih suka stik keju. aku tipikal yang seneng banget masuk ke tempat oleh-oleh karena jadi tahu banyak jajanan khas daerah tersebut terus ujungnya kalap beli pengen coba2 haha

    BalasHapus
  12. wah iya nih, oleh oleh klangenan semarang. belum tentu setahun sekali bisa makan. tapi sering bikin kangen

    BalasHapus
  13. Wah tahu petis makanan favoritku nih. Buka puasa rasanya ada yang kurang kalau nggak ada tahu petis.
    Sekarang tahu petis Yudistira sudah buka cabang di jl Pamularsih ya.

    BalasHapus