Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Morning Sedulur,

Akhir Juli sudah tiba. Setelah sibuk pendaftaran sekolah anak-anak dan liburan sekolah usai, kini kita kembali ke dunia nyata. Saatnya, kita piknik tipis-tipis ya. Nggak usah jauh-jauh karena duitnya sudah habis buat liburan sekolah. Haha. Pilu. 

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Kali ini, aku ingin mengajak kalian ke Pinusia Park di Ungaran, Kabupaten Semarang. Pinusia Park adalah sebuah taman rekreasi yang berada di daerah Kalianyar, Ungaran Timur. Berawal dari tempat wisata Hutan Pinus yang dinamakan Top Selfie Cemara Sewu. Hutan Pinus ini nyaman banget untuk piknik dan berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, ada fasilitas outbond yang banyak digunakan untuk acara keluarga atau lembaga.

Nah, Maret 2023 lalu ada yang baru nih di area ini namanya Pinusia Park. Taman ini dikelola bersama oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Letaknya di belakang Hutan Pinus, terpisah lokasinya.

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Pinusia Park berasal dari kata Pinus yaitu nama pohon jenis konifera milik genus Pinus, yang merupakan bagian dari keluarga besar Pinaceae yang banyak kamu temukan di sini. Sedangkan kata Sia, berasal dari kata Indonesia, karena lokasi tempat ini diIndonesia. Sedangkan kata Park yang artinya taman. Pinusia Park ini masih terus bersolek, siapa tahu nanti bakal ada kolam renang dan kafe yang enak-enak makanannya ya? Biar acara nongkrong kita makin seru. 

Jadi, kalau kita memasuki area pintu masuk hutan pinus, maka kita akan ditanya mau ke hutan saja atau sekalian ke Pinusia Park oleh petugasnya. Jika ingin terus ke Pinusia Park, maka kita membayar tiket terusan sebesar Rp15.000. Untuk anak SD membayar penuh sedangkan anak balita-TK gratis tiket masuk.

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Setelah parkir di tepi hutan pinus, kami berjalan kaki menuju Pinusia Park. Ada loket dengan petugas untuk memeriksa tiket yang kita punyai. Begitu masuk area Pinusia Park, suasananya langsung berubah. Sejauh mata memandang adalah taman yang luas, hijau dan ditata cantik! Spontan deh kita mengucap wow, keren! Masya Allah!

Kita melangkah melalui jalan setapak dan menemukan kandang kelinci. Anak-anak senang menyapa kelinci ini. Tak jauh dari kandang kelinci, ada kandang angsa. Lagi-lagi, angsa-angsa ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung anak-anak.

Kami terus menyusuri taman yang bersih dan penataannya indah. Mata langsung jadi segar melihat pemandangan tanaman yang menghijau. Ada gazebo-gazebo dari kayu berbentuk unik tertata rapi yang bisa kita tempati untuk bersantai bersama teman dan keluarga.

Pinusia Park Ungaran Kabupaten Semarang

Ada warung kecil satu-satunya yang menjual aneka minuman dan camilan ringan. Nah, di ujung taman ada lembah yang pemandangannya cantik menghadap jalan tol Ungaran. Kita bisa duduk-duduk di kursi yang terbuat dari gelondongan kayu menikmati pemandangan indah ini. Anak-anak bisa main ayunan dan perosotan yang tersedia di sisi taman. 

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Saat itu pengunjung cukup banyak yang terdiri dari rombongan keluarga dan komunitas. Mereka tersebar di berbagai penjuru taman, menikmati suasana siang hari sambil berteduh di bawah pohon atau di gazebo. Oh iya, jika masuk waktu salat tak usah khawatir karena ada gazebo bersar yang dijadikan musala lengkap dengan tempat wudunya. Jadi, kita bisa piknik tapi khawatir ketinggalan waktu salat ya, Sedulur.

Untuk berfoto, area Pinusia Park ini cantik banget. Ada banyak spot foto yang menarik bahkan untuk foto pre wedding juga cakep. Ada jembatan dari bambu yang bisa kamu gunakan untuk berfoto-foto. Nyeni banget. Wah, nanti mau ajak ibu-ibu kompleks biar arisan di sini, ah. 

Piknik Tipis-Tipis di Pinusia Park, Ungaran

Nah, kalau sedang main ke Ungaran, jangan lupa mampir ya ke Pinusia Park. Lokasinya tak jauh kok dari Janji Jiwa Ungaran. Kamu bisa main ke Pinusia Park terus makan malam di Janji Jiwa, hehe. Hari yang indah untuk menikmati hidup ya kan? Selamat beraktivitas ya, Sedulur. Semoga artikel ini bermanfaat! 

Sumber Foto: Rosma, Alde dan Winda.

Pinusia Park 

Kalianyar, Kalirejo, Ungaran Timur (Sebelum Janji Jiwa Ungaran)

Buka Setiap Hari Pukul 07.00-17.00 WIB 

Posting Komentar

27 Komentar

  1. Nah, aku taunya janji Jiwa ungaran Mak, ohh sekitar situ yaa. Next mmapir dan piknik ke Pinusa Park Ungaran, lihat yang ijo2 royo menyegarkan , duhh pemandangannya bikin mageer.

    BalasHapus
  2. Wisata ke lokasi yang ijo ijo gini asyik banget. Apalagi bareng sahabat atau keluarga. Sayang kalau dari Surabaya jauhhhh banget. Semoga lain waktu bisa ke sana juga.

    BalasHapus
  3. Kebayang pasti seru kalo piknik di sini Mbaaa 😍. Apalagi tempatnya hijau begini, view juga cakep 👍.

    Naah mudah2an kafe dan tempat makan di sana juga makin banyak yaa, jadi kan yg DTG ga repot bawa makanan sendiri, atau pilihannya jadi banyak, ga ngandelin 1 kafe di sana 😁

    BalasHapus
  4. Wah seru nih piknik tipis-tipisnya. Seger, adem. Refreshing dari rutinitas harian yang bikin penat ya. Kepengen juga deh aku. Udah lama gak bawa anak-anak lihat alat asri kayak begini. Biar bisa jauh dari gadget juga ya sekejap. :D

    BalasHapus
  5. Wah seru nih piknik tipis-tipisnya. Seger, adem. Refreshing dari rutinitas harian yang bikin penat ya. Kepengen juga deh aku. Udah lama gak bawa anak-anak lihat alat asri kayak begini. Biar bisa jauh dari gadget juga ya sekejap. :D

    BalasHapus
  6. Terima kasih rekomendasinya Mbak Dew. Saya sudah beberapa kali ke Ungaran tapi belum pernah ke Punusia Park. Jadi kalau balik lagi nanti, sudah ada destinasi yang bakal di tuju nih, foto-foto cakep di sini sambil menikmati udara ungaran yang sejuk

    BalasHapus
  7. Suka banget deh..
    Hihi..main ke Pinusia Park untuk menikmati hidup. Seneng banget liat yang ijo-ijo seger begini.. Berasa ploong~

    Btw, meskipun kata kak Dew ramai, tapi fotonya aluuss, gak bocor.

    BalasHapus
  8. Apik ya mba tempatnya. Aku bayangin foto2 di bg hijau2 begitu. Love bangeeet deh. Piknik tipis saat liburan seruuu, kayaknya mba bakal datang lagi bersama ibu2 komplek nih. 😁 abis itu maem dan ngupi di Janjiw yaaa

    BalasHapus
  9. Memang paling asyik kalau bisa piknik di tempat yang asri dengan pemandangan indah kayak di Pinusia Park. Di Bandung juga ada beberapa tempat seperti itu. Daan memang biasanya dipakai untuk acara keluarga dan ibu-ibu arisan hehehe

    BalasHapus
  10. Mbak Dew, apakah kalau ke sini jalannya menanjak. I mean buat kendaraan kecil tuh aman gak ya? Atau jalannya curam kek ke Gedung Songo?

    BalasHapus
  11. biar piknik tipis tapi tetap menyenangkan loh mak, sepertinya Pinusia Park Ungaran Timur sangat bersih dan viewnya cakep

    BalasHapus
  12. Asyik banget main di Pinusia Park ini mbak, asri tempatnya. Dengan pemandangan hijau segar di sekeliling. Semoga segera terealisasi ya, ada kolam renang dan kafenya, biar makin betah dan nyaman kalau main ke sana

    BalasHapus
  13. Masyaallah sejuk sekali dilihatnya panusia park ini, seru sekali liburannya. Kalau dipake untuk prewedding pasti keren sekali.

    BalasHapus
  14. Wah cakep banget ini tempatnya mbak Dew, aku masukin list dulu ah. Insya Allah dalam waktu dekat ini aku mau ke Semarang sama teman-teman, nampakanya harus dimampirin kesini.

    BalasHapus
  15. Catet! Wisata alam kaya gini selalu menarik dan gak bosenin sampai kapanpun. Ngajak anak juga bakal suka ya. Murah meriah lagi

    BalasHapus
  16. Tempatnya yang banyak warna hijau dedaunannya, berasa banget buat penyegaran otak pastinya Mbak.

    BalasHapus
  17. Masya Allah, indahnya ciptaan Allah ya Mba dan kita bisa menikmati sendirian atsu bersama keluarga. Bawak nasi rentang enak makan di sana ya Mba

    BalasHapus
  18. Asyik tempatnya, tiketnya terjangkau pula...pas bener ga jauh dari tol kalau mau keluar bentar di tol ungaran, seru-seruan terus makan malam di Janji Jiwa deh

    BalasHapus
  19. Ungaran semarang coret destinasi wisata fav karena udaranya sejuk ya makk....apalagi wisata alam di pinusia park kebetulan aku sukaa wisata alam, next pas mudik mau mampir kesini.

    BalasHapus
  20. Bawaanya sejuk dan adem ya main di pinusia park... Semoga nanti bisa maib ke ungaran dan mampir ke pinusia park...

    BalasHapus
  21. Seneng ya kalau ada ruang terbuka hijau gitu, apalagi masih alami dan bisa buat piknik bersama keluarga atau teman. Tiket masuknya juga gak mahal2 amat, bahkan untuk anak TK free. Sayangnya warung buat makan msh dikkit ya mbak? Untung ada Janji Jiwa hehe

    BalasHapus
  22. Melihat keindahan alam yang terbentang di Pinusia Park, Ungaran, selain diabadikan lewat foto juga ingin sekali bikin video ya.. Sangat direkomendasikan bagi yang sedang jenuh dengan aktivitas sehari-hari untuk sejenak jalan-jalan ke siniii..

    BalasHapus
  23. Ungaran salah satu destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi ya mbak
    Ada banyak wisata alam yang menarik disana
    Salah satunya ya Pinusia Park ini

    BalasHapus
  24. wah tempatnya asri dan juga adeeem seger gitu, asyik tempat kayak gini buat ajak anak serta keluarga.

    BalasHapus
  25. kalo lagi penat memang pas banget ke tempat piknik yang adem dipandang mata seperti pinusia park ini.
    kalo ajak anak-anak mereka pasti puas gitu lari-larian

    BalasHapus
  26. Kebayang segarnya hutan pinus cuaca yang sejuk, tempat yang asri cocok untuk wisata bareng keluarga

    BalasHapus
  27. mbaaa anakmu dah gede2 ya Allah time flies dulu kayak masih kecil2 bayiii huihuhu
    seru keluarga besar tempatnya juga ademmm

    BalasHapus