8 Hal Yang Harus Dicek Saat Servis Motor Rutin

Morning Sedulur,

Kata orang, perempuan hanya bisa pakai kendaraan tapi tidak bisa merawatnya. Jadi, jangan membeli sepeda motor yang pemiliknya perempuan pasti mesin motornya jelek dan tidak terawat. Duh, benarkah anggapan seperti itu?


8 Hal Yang Harus Dicek Saat Servis Motor Rutin


Sudah saatnya kita menghempas stereotip itu ya, Sedulur. Perempuan terkenal telaten dalam merawat barang miliknya termasuk sepeda motor kesayangan, ya!


Nah, bagaimana caranya agar sepeda motor kesayangan kalian awet dan nyaman dikendarai walaupun sudah lama dibeli?


Caranya mudah. Kalian harus rajin melakukan servis rutin sepeda motor. Ya, saat servis motor, biasanya teknisi melakukan pengecekan ketika motor telah mencapai jarak tempuh tertentu. Apa saja yang diperiksa? Kita bahas bareng yuk! 


  1. Oli Mesin


Bagian yang vital dari sepeda motor adalah mesin. Oli mesin adalah pelindung, pelumas dan pendingin mesin. Jadi, oli mesin krusial banget untuk mesin. Oli mesin perlu diganti setiap kali kendaraan kita telah menempuh jarak 2500 km. Kita cukup ke bengkel untuk mengganti oli. 

8 Hal Yang Harus Dicek Saat Servis Motor Rutin


Saat ini, ada produsen oli yang mengklaim olinya bisa diganti saat jarak tempuh sudah 5000 km. Hal ini terjadi karena oli yang dipasarkan memakai teknologi ester dan merupakan base oil tertinggi di kelasnya.


  1. Oli Gardan 


Untuk pengguna motor matic, juga harus rutin mengganti oli gardan yang berfungsi sebagai pelumas yang melindungi bagian CVT. Setiap dua kali ganti oli mesin, ganti pula oli gardan motor matic kalian ya. 


  1. Busi


Busi berfungsi sebagai pengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Busi juga harus diganti secara berkala karena jika busi tidak berfungsi baik motor tak bisa dinyalakan. Gawat!


  1. Kampas Rem


Rem yang pakem wajib dimiliki kendaraan bermotor demi keamanan berkendara. Karena itu, saat servis rutin wajib diperiksa juga kampas remnya. Jangan sampai kampas remmu tipis dan membahayakan kita saat berkendara.


  1. Filter Udara


Saat servis rutin, teknisi juga memeriksa filter udara apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran.


  1. Aki


Aki juga krusial fungsinya pada sepeda motor. Untuk itu, mekanik harus memeriksa tegangan pada aki apakah masih berfungsi baik atau tidak.


  1. Ban


Pemeriksaan ban pada saat servis rutin juga harus dilakukan dengan teliti. Mekanik biasanya memeriksa tekanan angin, keadaan ban apakah gundul atau tidak. 


  1. Tune Up Rutin


Pada servis motor tune up dilakukan pemeriksaan pada semua komponen yang berkaitan dengan performa motor.


Mekanik juga melakukan tune up motor rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen motor misalnya memeriksa tekanan ban, kondisi lampu dan lainnya. 


Saat tune up rutin, adakalanya disertai dengan ganti oli mesin atau ganti sparepart atau lainnya. Tak usah khawatir, para mekanik akan menginformasikannya terlebih dulu pada kalian.


8 Hal Yang Harus Dicek Saat Servis Motor Rutin

 

Kelebihan servis motor di Planet Ban dibandingkan bengkel lainnya adalah kebersihan mesin. Seluruh bagian mesin kendaraan akan dibersihkan dengan seksama hingga kamu seperti memiliki mesin baru. 


Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, dan piston semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran lainnya. Hasilnya, tarikan motor kita lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, dan tentu saja jadi lebih hemat bahan bakar. 


Bagaimana biayanya? Biaya servis motor di Planet Ban terjangkau. Untuk servis motor injeksi Rp20.000. Servis CVT Rp19.500 hingga servis throttle body pun hanya Rp20.000. Jika sepeda motor kita terawat, beraktivitas ke manapun akan lebih aman dan tenang.  

Posting Komentar

0 Komentar